December 25, 2010

Ngafe di hari natal.

Gue sedang terduduk di tempat tidur dengan laptop di paha. Tab-tab facebook, twitter, dan website-website lainnya terpampang, tapi teteeepp aja bosan dan nggak pernah berhenti bosan.
Padahal malem ini masi hari natal dan seharusnya seneng-seneng atau kongko-kongko bareng mama dibawah. 
Lalu gue iseng baca-baca Cafe, si majalah rohani. Sampai mata gue tertuju pada kalimat-kalimat kecil yang kadang suka ada tuh dibawah bacaan sabdanya. 
Bunyinya kira-kira begini:

"Keluarga telah ditetapkan Allah sebagai 'persekutuan mesra kehidupan dan cinta kasih'. 
Maka keluarga mengemban misi untuk makin mencapai jatidirinya;
 yakni suatu persekutuan kehidupan dan cinta kasih"

Lalu gue mulai mikir. Ternyata peran keluarga itu besar dan penting. Semua-semuanya harus dilandasin asas cinta kasih (kayak asas-asas PPKN). 
Apa artinya semuanya harus berdasarkan cinta kasih? 

Setelah gue berpikir keras, muncul berbagai dugaan gue tentang kalimat-kalimat diatas. 
Gue sadar, gue punya orang tua yang luar biasa. Walaupun si papah termasuk orang yang tergalak dunia kategori marah-marah, strict, tapi dia masih punya kasih. 
Terkadang gue suka melawan kalo dia ngelarang gue ngapa-ngapain, tapi gue ngga pernah ngelawan kalo memang gue salah. Alhasil setelah gue bales segala ocehan-ocehannya, dia sadar kalo dia berlebihan dan segera baik-baikin gue lagi (karna beliau paling amat teramat suramat sebel to the max kalo gue lagi ngambekin beliau haha, maap yah Pa, sayang Papa kok! :D).

Kembali ke laptop. 
Jadi gue ngerasa, segalak-galaknya ortu sama kita, mereka masih punya hati kecil yang pasti bikin mereka nggak tenang kalo suka marah-marah nggak beralesan. At last, mereka pasti disadarin lagi sama hati kecil itu untuk mengasihi dan ngertiin kemauan anak-anaknya. Dengan begitu kita juga nggak melanggar hukum Tuhan yang tentang "Taatilah Ibu Bapamu"(btw buat yang ini terms and condition apply. Cuman kalo kita benar.)

Si Mamah mungkin peranan yang paling gue kagumin. Beliau ngajarin gue untuk tetep respect sama si Papah, nggak peduli segalak apa beliau barusan #mukamerahmatamerahberurat-urat. Mamah selalu mau ngedukung gue kalo gue bener, tapi tetep Mamah suruh gue yang tanggung jawab ke Papah. Mamah tetep kasi masukan dan semangat, dan cara-cara jitu melunakkan hati Papah. Dan yang paling gue cinta dari Mamah, beliau selalu ngingetin gue buat berdoa dan berdoa dan berdoa. Obat yang paling manjur dari segala-galanya. Tetep berpengharapan penuh, karena nggak ada yang mustahil bagi Tuhan.

Begini kesimpulan yang gue tarik dari kalimat kecil Cafe diatas dan relasi dengan kehidupan gue. 
Cinta kasih dalam keluarga itu adalah, saling mendukung, saling mengerti, saling membantu, saling menyemangati, dan saling membuka hati dan pikiran dari semua anggota keluarga, dan saling percaya. Yang terakhir adalah yang paling penting. Gue tau ortu selalu percaya sama gue, dan itu yang gue syukurin sama Tuhan. Apapun pilihan gue, sekolah kek, pacar kek, mereka selalu ngedukung dan ngajarin gue buat hargain semua orang. 
Dari cinta kasih keluarga, otomatis orang-orang luar, temen-temen, dll pasti juga ada cinta kasih karena udah berakar dan dibina dalem lingkungan keluarga.

Iyak! Begitulah analisa gue stelah mikir panjang jungkir balik ngemil dan lain-lain. Sekian.
(Untuk contoh konkrit, kembali gue promosiin tuh film yang ada di dua post sebelum ini).

Happy Christmas everyone! Be blessed :)

No comments:

Post a Comment